Cara membuat Blog yang baik dan benar sesuai bakat

Cara membuat Blog yang baik dan benar sesuai bakat memang tidaklah sulit, bagaimana? karena membuat blog sesuia dengan jiwa Blogger itu sendiri adalah hal yang paling menyenangkan. Ini semua seperti ketika Anda mengerjakan sesuatu hal yang Anda cintai, sesulit apapun, seberat apapun ini adalah CINTA yang dilakukan dengan sebuah senyuman.
Sebelum lebih dalam saya ingin mengutarakan bahwasannya saya bukanlah blogger yang profesional dan saya juga merasa belum pantas dipanggil blogger, ataupun saya juga belum mau dipanggil blogger, karena saya masih mencari dan terus mencari dimana orang lain mengenal saya dengan panggilan itu. dan itu yang belum saya temukan. Jika Anda sebagai pembaca berpikir bahwasannya artikel ini adalah sampah dan tak berguna, silahkan tutup halaman ini sekarang juga, atau Anda berpikir bahwasannya saya belum pantas membuat artikel ini karena saya bukan seorang blogger, silahkan close this page. Anda masih disini? Oke mari kita menuju sebuah cara membuat blog.
Saya akan mencoba menggali Latar Belakang seseorang membuat Blog, apa sih latar belakang Anda membuat Blog?

  1. Tugas sekolah, Apakah Anda seorang siswa atau siswi sekolah yang ditugaskan Guru Anda membuat sebuah blog, mungkin hal itu sangat wajar, mengapa karena blog adalah sebagai media pembelajaran dari mulai ilmu IT, sastra maupun marketing, jadi cepatlah membuat blog sekarang juga kareana ini sangat bermaanfaat.
  2. Tugas Pekerjaan, apakah Anda seorang karyawan yang sedang menerima tugas membuat blog? sebenarnya ini hanyalah prasangka saya. Bagaimanapun sebuah perusahaan atau usaha ingin sekali memperkenalkan produk mereka pada hal layak, bagaimanapun caranya baik secara langsung atau tidak langsung, baik secara terbuka atau semi terbuka. just do it, it's work.
  3. Ingin menjadi Imers, affilater, publisher dan sebagainnya? tak masalah asalkan halal ini adalah hal yang mengagumkan ketika suatu hobi dijadikan sebagai mata pencarian dan sumber rejeki, What Wrong?
  4. HOBBY woow ini adalah suatu hal yang paling saya hormati ketika seseorang begitu mencintai hobinya, Jujur saya sangat menghormati orang yang hidup dalam hobinya, bahkan sayapun ingin seperti itu. dan apa hubungannya dengan Blog? sebagai sebuah contoh: Seorang atlit Bulutangkis membuat blog dan mengisinya dengan konten BULUTANGKIS dari mulai tutorial bermain, video, gambar (foto) dan segalanya yang menyangkut hobinya yaitu bulutangkis. saya fikir kontennya akan terlihat lebih Murni, unik bermanfaat bagi para pengunjungnya, atau bahkan ketika sudah banyak pengunjung yang memiliki hobi yang sama mereka mampu membentuk sebuah forum tersendiri hanya berawal dari blog, ini adalah hal yang luar biasa. atau Anda adalah seorang yang hobi dalam jurnalis, sebagai penulis (cerpen, novel, dll) membuat blog adalah langkah termudah untuk memperkenalkannya ke seluruh dunia. bagaimana jika Anda adalah orang yang hobi dalam nge Blog? atau sering disebut Blogger, sebenarnya saya belum yakin kalau Blogger adalah orang yang hobi nge blog atau nge blog adalah sebuah hobi. saya belum mampu melihatnya sebagai sebuah hobi, tapi jika Anda telah yakin bahwa hobi Anda adalah seorang blogger maka ini adalah hal yang paling Luar Biasa, tapi tentunya Anda harus kembali berfikir Konten seperti apa yang akan anda posting dalam blog Anda.
  5. BERBAGI nah ini adalah hal yang paling ikhlas dan murni untuk orang lain, ketika dia hanya memikirkan manfaat untuk orang lain walaupun itu bukanlah sebuah hobi, kita beri contoh seorang yang bekerja sebagai Dokter dan dia memposting artikel tentang obat-obatan dan kesehatan, yang memiliki latar belakang berbagi untuk orang lain yang membutuhkan, ini sangat luar biasa.

Sebelum terlalu panjang mari kita menuju tata cara membuat blog di Blogspot.
Mohon Maaf jika saya menampilkan tutorialnya di halaman sebelumnya http://www.rawaweb.com/2014/06/bstutorial-cara-membuat-toko-online.html isinya adalah tentang bagaimana cara membuat toko online dengan blogspot namun pada dasarnya itu adalah sama dengan tata cara membuat blog di Blogspot.com atau Blogger.com dan tentunya tempat yang bisa Anda gunakan membuat blog bukan hanya blogspot ada juga wordpress.com tumblr.com weebly.com mywapblog.com (sangat bagus digunakan untuk ngeblog dari HP) webs.com blogdetik.com blog.com dan masih banyak lainnya, Anda juga bisa menggunakan CMS lainnya dengan menggunakan domain atau subdomain dan hosting.
Platform untuk Blogging

bagaimana membuatnya? setelah Anda membuat blog di blogspot seperti pada tutorial link diatas saya yakin Anda bisa juga membuat Blog di situs-situs yang saya sebutkan. yang terpenting adalah mempunyai E-mail, E-mail ini selain berguna untuk mengirim dan menerima e-mail berguna juga sebagai pembuatan Blog, akun Sosial Media dan layanan internet lainnya, bagai mana cara membuat e-mail? lain kali saya publish disini.
Selanjutnya bagai mana menentukan tampilan Blog, mungkin ini adalah hal yang paling menyenangkan dalam membuat blog, dimana Anda akan dibawa untuk memilih desain- desain yang pas untuk tampilan blog Anda. tapi jangan seenaknya menentukan, walau memang banyak diantara kita menentukan desain sesuai karakter pribadi tapi mari kita tinjau dari TUJUAN membuat blog, contoh untuk seorang Publisher maka menuntut tampilan yang rapih dan dinamis, bagi seorang yang berdasar hobi maka desainnya sesuaikan dengan hobi atau konten yang akan ditampilkan. dan selamat memilih desainnya sendiri. biasanya semua platform blog menyediakan Tema atau Templatennya di dashboard atau Anda juga bisa mencarinnya di google dengan keyword Tema blog platform blog (huruf tebal bisa diganti dengan Platform blog seperti blogspot, wordpress dsb.)
Sekarang bagaimana dengan mengisi konten? bagi Anda yang sudah faham akan konten yang akan Anda berikan (sesuai hobi) maka ini tidak terlalu sulit tapi bagi Anda dengan tujuan sebagai publisher dsb, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah mencari hobi dan mendalaminya, mencari informasi dari blog lain yang berkualitas dan sesuai dari konten yang akan Anda buat yang terpenting itu tidak melanggar hak orang lain. atau Anda yang memiliki tema blog Info/news maka Anda bisa menjadi seorang jurnalis :D , atau bisa memperhatikan media seperti TV (News, Infotaiment), koran dan media online yang lain. Just Do It.
Nah selanjutnya adalah bagaimana memaksimalkan search engine, sosial media sosial bookmark dll untuk ke populeran blog Anda, yang tentunya inilah yang Anda semua inginkan.
Jika Anda menyiapkan kontent tadi secara maksimal dan baik, dan dengan keuletan Anda memanfaatkan media lambat laun Blog dan kontennya akan populer. Anda harus yakin dan percaya diri.
Ok, Terimakasih dan saya memohon maaf atas segala kesalahan tulisan saya, saya harap ini bisa bermanfaat, walau sebenarnya saya merasa belum pantas.

0 Response to "Cara membuat Blog yang baik dan benar sesuai bakat"

Post a Comment