Kelebihan File SVG untuk desaign gambar dan animasi Website

Kelebihan File SVG untuk desaign gambar dan animasi Website dibanding dengan gambar berformat seperti PNG atau JPG dan GIF. Tentu saja berbeda kenapa karna SVG (Scalable Graphics Vector) adalah Format file berupa vektor. pastinya tau dong apa perbedaan vektor sama bitamp? Ya bedanya sangat besar file seperti PNG dan JPG adalah file bitamp yang jika Anda mencoba memperbesar ukurannya maka akan terlehat seperti pecah-pecah atau retak retak. kenapa? karena itu bukan Vektor. nah jadi vektor itu sebaliknya dan vektor juga sangat fleksible dan ringan untuk diedit.
Anda tau software apa yang sering Anda gunakan dalam membuat design vektor? mungkin kebanyakan orang lebih sering memakai aplikasi berat dan berbayar seperti Corel Draw, karena saya bukanlah Designer Asli saya sering hanya menggunakan aplikasi gratis dan open source yang bernama inkscape dan tidak memasang Corel maupun Produk-produk Adobe yang berbayar, alasannya adalah Spek PC yang minimalis.
Pada dasarnya saya sering membuat logo untuk desain blog pribadi dengan Inkscape maka tidak heran saya kenal dengan format file SVG tapi saya biasanya malah menekpornya ke file PNG untuk di Upload, namun setelah beberapa hari lalu saya melihat desain WEB yang indah dan sesuai selera saya, saya mencoba melihat-lihatnya dan ternyata sang dessigner menggunakan File SVG untuk designnya.
akhirnya saya penasaran dan mencoba search di google. ada beberapa kelebihan file SVG diantaranya:


  1. Fleksible - Anda dapat dengan mudah mengonta ganti ukuran tanpa takut mengurangi kualitas gambar.
  2. Ukuran file yang kecil - Bukankah Anda selalu menginginkan website yang ringan? maka dengan menggunakan file SVG website Anda akan semakin ringan karena ukuran file yang lebih kecil dari pada file PNG atau JPG bisa Anda bandingkan sendiri.
  3. Didukung oleh HTML5 <svg>
  4. memiliki file XML sehingga Anda dapat mengeditnya menggunakan CSS

Hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat file SVG, saya sarankan agar menyimpannya dengan ukuran kertas sama dengan ukuran gambar yang Anda buat, khusunys dalam membuat logo.
Merubah ukuran kertas di Inkscape

dan jangan lupa samakan ukurannya sesuai yang Anda inginkan.
Kelebihan file SVG
Sebagai tambahan bahwa file SVG sudah digunakan sejak tahun 1999 akan tetapi dalam desain web populer beberapa tahun ini. apalagi setelah muncul HTML5.
Sekian, mohon maaf atas kesalahannya dan terimakasih.


0 Response to "Kelebihan File SVG untuk desaign gambar dan animasi Website"

Post a Comment