Syarat wajib untuk menjadi seorang penulis

menjadi seorang penulis ibaratkan seorang dewa, bukannya kita selalu berpikir tentang dewa yang telah menuliskan semua alur kehidupan kita ? Dalam sebuah tulisan, pembaca adalah hal-yang mutlak akan terpengaruh oleh sebuah tulisan, ini bukan tentang video, ini bukan tentang image.

Menjadi seorang penulis banyak diimpikan semua orang dan mungkin itu termasuk Anda, dan bagaimana jalan menjadi seorang penulis ? Berikut gue share dari pengalaman teman gue yang berprofesi sebagai penulis koran dan freelancer.


Cara belajarnya bisa gue bilang berat, karena emang dia menggunakan bahasa yang berat dalam menulis. Mas Adnan menyarankan untuk menjadi penulis yang berkarakter, namun sebelum itu kalian harus belajar dari para penulis-penulis yang sudah profesional terlebih dahulu.


  • Beli Koran
Kompas, Tempo, Republika dan Sindo adalah langganan koran Mas Adnan, hal-hal yang didapat oleh Mas Adnan dari koran yaitu Gaya Menulis (Karena untuk lolos dimuat dalam koran, sebuah artikel harus lolos seleksi dari editor hebat). Selanjutnya Mas Adan suka membaca artikel di situs berita versi online dari majalah diatas, walau Mas adnan juga sedikit mengeluhkan artikel versi online. 
  • Ikut seminar penulis, 
"contohnya gue pernah ikut seminarnya teh Pipit senja" ucap Mas Adnan, dia juga berkata bahwa menulis itu hal yang mudah, akan tetapi tulisan yang benar-benar bagus itu sedikit, malanya jangan sampai belajar pada orang orang yang salah. Minimal dengan mengikuti seminar kita dapat motivasi.

  • Jadi penulis koran,
Menjadi penulis koran adalah hal yang gak gampang, gue aja pernah nulis sekitar tiga puluh artikel yang lolos cuma delapan doang,  itupun dalam jangka waktu setahun, dan yang lolos itu, masih harus diedit lagi sama editor korannya. 
  • Bekerja sebagai penulis profesional dalam sebuah perusahaan sosial, dari tahun 2010 sampai 2011 ini membuat gue menjadi penulis yang lebih baik lagi, karena pengalaman kerja ini gue terus berkembang dan bekerja di perusahaan digital agensi, sebagai content writer.
Itu certia Mas adnan,  dan yang terakhir gue mau kasih Tips buat kalian yang bener-bener mau menjadi penulis. Teori menulis itu banyak banget, bagi gue, gue males baca teori menulis orang lain karena belum tentu pas dengan gaya menulis kita, makanya lebih baik membaca berulang ulang tulisan bagus dari penuls yang berbeda-beda maka kita akan temukan sendiri dari pelajaran itu.





0 Response to "Syarat wajib untuk menjadi seorang penulis"

Post a Comment