Mengenal web server

Sebelum mengenal apa itu webserver, admin mau menjelaskan dulu yang disebut dengan website...
taukah anda apa itu website?
ya website adalah suatu kumpulan halaman yang dapat di aksess client dalam suatu jaringan lokal maupun internet. dengan adanya client pasti ada yjuga yang disebut server... server inilah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan dan pemerosesan suatu web yang di aksess dalam jaringannya. umumnya internet.
dengan ini kita dapat mengetahui webserver adalah suatu perangkat komputer / server yang digunakan untuk memberi akses pada semua clientnya sebagai web..
namun apakah anda tau apa saja persyaratan suatu komputer dapat menjadi sebuah webserver?
ya yang jelas pasti lah terhubung dengan jaringan / internet, memiliki spek yang lebih dari pada client, mengapa? karna suatu server dapat menerima begitu banyak proses dari client yang sangat banyak, jika spek komputer server kecil maka jaringannya pun mudah down, selain itu juga yang penting adalah komputer server mempunyai bandwith yang tinggi untuk kelancaran jaringan.
hanya itu?
belum yang membedakan server dengan pc biasa juga adalah Sistem Operasi. Sistem operasi yang digunakan server berbeda dengan yang di gunakan client. apakah anda pernah mendengar windows xp, windows 7 dan windows 8 itu semua adalah Sistem Operasi dekstop. yakni Sistem operasi yang digunakan untuk user Rumahan atau kantor seperti kita.  Namun apakah anda juga pernahmendengar yang namanya Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows server 2012?
ya inilah dia Sistem operasi yang digunakan untuk sebuah server. ataupun juga kita kenal apa itu Ubuntu ? Debian fedora dan redhat... yah inilah varian linux yang umum dikenal varian linux juga mempunyai jenis sistem operasi dekstop dan Server, contoh Ubuntu server , debian server dan masih banyak yang lainya.
Dalam sebuah yang telah terinstal Sistem Operasi Server ini kita akan mengenal beberapa aplikasi server yang banyak fungsinya. diantaranya adalah DHCP SERVER (Dynamic Host Configuration Protocol) layanan server yang memberi IP adress secara otomatis terhadap Clientnya.... ada juga DNS Server suatu aplikasi yang digunakan untuk mengubah IP adress server menjadi nama Domain, apa itu domain?
apakah anda mengenal TLD ( Top Level Domain ) seperti .com .net .orgdan lain sebagainya nah inilah aplikasi yang mengubah IP sebuah server menjadi namadomain.com ataupun namadomain.net dan lain sebagainya.
Didalam server inih kita juga akan menemui beberapa aplikasi jaringan seperti proxy server mail server dan web server.
untuk kali ini adminakan lebih menuju ke web server.
aplikasi yang digunakan dalam membangun web server adalah IIS untuk Windows dan Apache untuk Linux.
Konfigurasinya sangat mudah asalkan kita sudah mengkonfigurasi IP dan Domain / DNS (Domain Name System) dengan apache ataupun IIS tersebut. setelah itu aplikasi ini dapat di aksess oleh Client dengan Web Browser seperti Mozila firefox, opera, maupun internet explore dan masih banyak aplikasi browser lainya.
namun dengan seuah server tersebut untuk dapat di aksess oleh Client di seluruh dunia (internet) maka kita harus terhubung dengan penyedia internet ISP (internet servis provider) contohnya Telkom dan lain sebagainya.
Namun jaman semakin maju jikapun kita menggunakan sistem operasi dekstop kita dapat secara mudah menggunakan berbagai aplikasi server yang telah terpasang dalam suatu aplikasi Seperti XAMPP. dengan aplikasi inih kita dapat membuat server lokal. sebelum kita mengupload nya pada server yang terhubung ke internet.
Namun apakah hanya sebatas itu dengan webserver?
tentunya belum dan masih banyak hal yang harus kita pelajari untuk membangun sebuah website... yaitu bahasa pemrograman yang berfungsi sebagai interface dan sistem pengelola sebuah website seperti HTML, CSS PHP Javascript, jquery ajax Phyton dan masih banyak lain sebagainya dan jangan lupa yang penting juga Database / SQL. sekian penjelasan tentang webserver.
terimakasih by admin Aligos.

0 Response to "Mengenal web server"

Post a Comment